Punya GERD, Ini Hubungannya dengan Anxiety Disoder




Penyakit lambung jenis GERF meningkatkan kecemasan berlebih erat kaitannya dengan kenaikan asam lambung dan dapat memicu gangguan pencernaan. Begitu juga sebaliknya, sakit maag kronis dapat membuat kecemasan yang berlebihan. Gejala yang paling umum dari maag adalah perut terasa mulas. 

Ini disebabkan karena otot cincin di ujung kerongkongan tidak berfungsi dengan baik sehingga menyebakan lubang saluran terbuka secara spontan. Gejala lainnya berupa sulit menelan, mual muntah, dan rasa terbakar di tenggorokan. Kenaikan asam lambung yang sering bisa menyebabkan terjadinya GERD. Sebuah studi mengatakan bahwa orang yang sering cemas beresiko dua sampai empat kali terkena GERD. Saat cemas, asam lambung akan diproduksi tiga kali lebih banyak dari biasanya. 

Ini disebabkan karena otak memproduksi zat kimia yaitu kolesistokinin yang berperan menimbulkan GERD dan hormon prostaglandin menurun akibat gangguan cemas.

Untuk mengatasinya, Anda harus mengatasi penyebabnya terlebih dahulu yaitu gangguan cemas. Anda dapat mengonsumsi obat-obatan penurun cemas dari dokter spesialis jiwa dan dapat dilakukan psikoterapi dengan tujuan mempercepat penuruan gejala cemas, panik dan lain sebagainya

Komentar